Home » » Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe



Nama Lengkap     : Daniel Jacob Radcliffe
Nama Populer      : Daniel Radclife
Tanggal Lahir       : 23 Juli 1989
Tempat Lahir        : Fulham, London, Inggris
Profesi                 : Aktor


Daniel Jacob Radcliffe lahir di London, Inggris, 23 Juli 1989 adalah seorang Aktor Inggris yang dikenal dengan perannya sebagai Harry Potter. Daniel merupakan anak tunggal dari pasangan Alan Radcliffe dan Marcia Gersham. Ia memulai karir aktingnya pada usia 10 tahun, menjadi bintang dalam serial tv yg berjudul David Copperfield di tahun 1999, kemudian ia pun berperan sebagai Mark Pendel dalam film The Tailor Of Panama. Dari sinilah karir daniel pun melonjak, sehingga ia pun dilirik oleh Chris Colombus yang akhirnya membuat pemilik nama lengkap Daniel Jacob Radcliffe ini menjadi Peran Utama sebagai Harry Potter dalam film perdananya berjudul Harry Potter and the Sorcere's Stone.

Radcliffe menjalani pendidikan di dua sekolah independen untuk anak laki-laki di Sussex House School, sebuah sekolah di Cadogan Square, di Chelsea di London diikuti dengan City of London School sebuah sekolah di Tepi Utara dari Sungai Thames di distrik keuangan London, yang dikenal sebagai Kota London .

Setelah merilis film pertama Harry Potter , hadir di sekolah sekolah menjadi sulit bagi Radcliffe, dengan beberapa murid sesama menjadi bermusuhan. Karir aktingnya mulai mengkonsumsi jadwalnya, Radcliffe melanjutkan pendidikan melalui on-set pembimbing. Ia memutuskan untuk mengambil istirahat dari pendidikan dan tidak pergi ke perguruan tinggi atau universitas. Salah satu alasannya adalah ia sudah tahu bahwa berakting dan menilis akan sulit untuk kuliah normal.

Pada tahun 2000 produser David Heyman meminta Radcliffe audisi untuk peran Harry Potter film adaptasi dari Harry Potter and the Philosopher's Stone, buku best-selling karya pengarang Inggris JK Rowling . Rowling mencari seorang aktor untuk memerankan karakter. Sutradara film Chris Columbus berpendapat, "Inilah yang saya inginkan. Ini adalah Harry Potter.", setelah ia melihat sebuah video dari aktor muda di David Copperfield. Delapan bulan kemudian, dan setelah beberapa audisi, Radcliffe terpilih untuk memainkan peran. Rowling juga mendukung pemilihan dan mengatakan, "Saya tidak menyangka Chris Columbus bisa menemukan Harry yang lebih baik".

Rilis Harry Potter and the Philosopher's Stone (dirilis sebagai Harry Potter and the Sorcere's Stone di Amerika) berlangsung pada tahun 2001. Cerita berikut Harry, seorang anak muda sebagai penyihir yang dikirim ke Sekolah Sihir Hogwarts untuk memulai pendidikannya, Harry Potter mendapatkan bantuan teman-temannya Ron (Rupert Grint) dan Hermione (Emma Watson) sepanjang jalan. Radcliffe menerima gaji untuk peran utama, tetapi ia menegaskan bahwa biaya itu "tidak begitu penting" untuknya, orang tuanya memilih untuk menginvestasikan uangnya. Film ini memecahkan rekor untuk penjualan selama sepekan, menjadi film paling sukses tahun 2001. Dengan total US $ 974.000.000 dalam penjualan tiket, Batu Bertuah merupakan film kedua yang paling sukses secara komersial dalam seri Film Harry Potter setelah Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2.

Setahun kemudian Radcliffe membintangi Harry Potter and the Chamber of Secrets,seri kedua dari Harry Potter. Tahun 2004 rilis Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, yang merupakan film ketiga dari seri Harry Potter. Berikutnya adalah Harry Potter and the Goblet of Fire pada tahun 2005. Film ini meraup US $ 896.000.000 di seluruh dunia, dan film ini adalah film yang kedua tertinggi terlaris dari film Harry Potter pada saat itu.

Meskipun keberhasilan tiga film sebelumnya, masa depan waralaba itu dimasukkan ke dalam pertanyaan ketika ketiga aktor utama tidak yakin tentang pendaftaran untuk melanjutkan peran mereka untuk dua episode terakhir, namun pada 2 Maret 2007 Radcliffe telah menandatangani untuk film terakhir. Radcliffe berperan untuk kelima kalinya dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix ( 2007), Harry kembali ke Hogwarts setelah pertemuannya dengan Lord Voldemort dalam film sebelumnya. Penampilannya mendapatkan nominasi beberapa penghargaan, dan ia menerima National Movie Award untuk "Best Male Performance". Sebagai untuk kelanjutan film, Radcliffe, Grint dan Watson membuat cetakan tangan, kaki, dan tongkat sihir mereka di depan Grauman's Chinese Theatre di Hollywood.

Pada bulan Juli 2009 Harry Potter and the Half Blood Prince, seri keenam dirilis. Film ini memang jauh lebih baik dari film sebelumnya, melampaui rekor untuk pertunjukan tengah malam terbesar AS dengan US $ 22.200.000 pada 3.000 bioskop, dan merupakan pembukaan terbesar pada hari Rabu di Inggris, dengan US $ 7,6 juta pada 1.305 layar. Half-Blood Prince mencapai total US $ 933 juta penjualan tiket, dan merupakan salah satu yang paling positif dari seri dari kritikus film, yang memuji film "emosional memuaskan" cerita, arah, sinematografi, visual dan musik. Radcliffe menerima nominasi untuk "Best Male Performance" dan "Superstar Global" di MTV Movie Awards 2010.

Untuk alasan keuangan dan scripting buku terakhir dibagi menjadi dua film. Radcliffe menunjukkan bahwa itu tidak mungkin untuk beradaptasi dengan novel akhir menjadi film tunggal. Dia menambahkan bahwa film terakhir akan menjadi sangat cepat dengan banyak aksi, sementara yang pertama bagian akan jauh lebih tenang, fokus pada pengembangan karakter, ia menambahkan bahwa, kombinasi mereka, hal-hal itu tidak akan berhasil sampai ke babak final. Pembuatan film berlangsung selama satu tahun, penutupan pada bulan Juni 2010 dan pada hari terakhir shooting, seperti sebagian besar pemain dan kru, Radcliffe secara juga menangis. Harry Potter and the Deathly Hallows - part 1 (2010) adalah tentang Harry, Ron dan Hermione meninggalkan Hogwarts untuk melacak Horcrux Lord Voldemort , benda itu memiliki sebagian dari jiwanya. Film ini dirilis pada bulan November dan pendapatan kotor lebih dari US $ 950 juta. Wilayahnya yang paling menguntungkan adalah Inggris, di mana dilaporkan memiliki paling sukses tiga hari pembukaan dalam sejarah, sedangkan yang pendapatan US $ 205 juta, di 91 pasar , membuatnya menjadi pembukaan tertinggi terlaris non-AS untuk gambar non-musim panas, dan "pembukaan terbesar keempat terlaris internasional yang pernah ada".Film ini mendapat review yang menguntungkan sebagian besar di media.

Film terakhir, Harry Potter and the Deathly Hallows - part 2, dirilis di seluruh dunia mulai pada tanggal 13 Juli 2011 di Australia. Film ini menyangkut pertempuran melawan pengikut Voldemort di Hogwarts, bersama dengan duel terakhir klimaks Harry dengan Voldemort. Radcliffe. Film ini memecahkan rekor box office, termasuk terbesar rilis tengah malam, terbesar hari pertama pembukaan, dan terbesar pembukaan-akhir pekan. Deathly Hallows - part 2 saat ini film tertinggi ketiga terlaris di dunia, dan paling sukses non- James Cameron film, dengan lebih dari US $ 1,3 miliar di seluruh dunia. Radcliffe mengakui bahwa beberapa orang tidak akan pernah dapat memisahkan dia dari karakter, tetapi juga mengatakan dia "bangga dikaitkan dengan film selamanya". Meskipun perasaan positif tentang film, ia tidak tertarik dalam melakukan lebih film Harry Potter. Setelah Rowling mengisyaratkan tentang menulis buku kedelapan, Radcliffe ditanya apakah ia akan melakukan film lain dan ia menjawab: "Hal ini sangat diragukan Saya rasa 10 tahun adalah waktu yang lama untuk menghabiskan waktu dengan satu karakter". Meskipun mencurahkan begitu banyak waktu untuk seri, Radcliffe telah menegaskan bahwa dia tidak kehilangan masa kanak-kanak seperti aktor anak lain: "saya sudah diberi perspektif yang lebih baik banyak pada kehidupan dengan memerankan Potter".

Pada usia 17, dalam upaya untuk menunjukkan orang-orang dia bukan anak kecil lagi, ia tampil di atas panggung di Peter Shaffer bermain Equus , yang belum dihidupkan kembali sejak penayangan pertama pada tahun 1973, di Teater Gielgud. Radcliffe mengambil peran utama sebagai Alan Strang, anak yang memiliki obsesi dengan kuda. Equus dibuka pada tanggal 27 Februari 2007 dan berlangsung hingga 9 Juni 2007, kinerja Radcliffe menerima review positif sebagian kritikus terkesan dengan nuansa dan kedalaman terhadap tipe-perannya. Produksi kemudian ditransfer ke Broadway pada bulan September 2008, dengan Radcliffe masih di peran utama. Radcliffe menyatakan ia gugup mengulangi peran di Broadway karena ia menganggap penonton Amerika lebih cerdas daripada mereka di London. Kinerja Radcliffe dinominasikan untuk Drama Desk Award.

Setelah menyuarakan karakter dalam sebuah episode dari serial televisi animasi The Simpsons pada akhir 2010, Radcliffe memulai debutnya sebagai J. Pierrepont Finch di Broadway 2011 How To Succeed in Business Without Really Trying. Kinerja Radcliffe dalam acara itu membuatnya mendapatkan Drama Desk Award, Drama League Award dan Nomonasi Outer Critics Circle Award. Produksi sendiri kemudian menerima sembilan Tony Award nominasi. Radcliffe meninggalkan acara pada tanggal 1 Januari 2012.

Pasca Harry Potter, proyek pertamanya ditahun 2012 adalah film horror The Woman in Black, diadaptasi dari Novel 1983 oleh Susan Hill . Film ini dirilis pada tanggal 3 Februari 2012 di Amerika Serikat dan Kanada, dan ditetapkan untuk rilis 10 Februari di Inggris. Radcliffe menggambarkan seorang yang diutus untuk berurusan dengan masalah hukum seorang wanita misterius yang baru saja meninggal, dan segera setelah ia mulai mengalami kejadian aneh dan dihantui oleh hantu wanita berpakaian hitam.

Pada tahun 2008, Radcliffe mengungkapkan bahwa ia menderita bentuk ringan dari  gangguan neurologis dyspraxia . Gangguan ketrampilan motorik terkadang menjadi terlalu buruk bahwa ia memiliki kesulitan melakukan kegiatan sederhana, seperti menulis atau mengikat tali sepatu sendiri. "Saya mengalami kesulitan di sekolah, dalam hal menjadi omong kosong dalam segala hal, tanpa bakat yang terlihat," komentar Radcliffe. Pada bulan Agustus 2010, ia berhenti minum alkohol setelah mengetahui dirinya menjadi ketergantungan pada alkohol. Radcliffe telah menyatakan "Aku seorang ateis, dan ateis militan saat agama mulai berdampak pada undang-undang", dan juga bahwa ia "sangat bangga menjadi Yahudi". 

Kekayaan pribadi Radcliffe dilaporkan telah menerima £ 1.000.000 untuk film Harry Potter yg pertama dan sekitar £ 15 juta untuk keenam. Radcliffe muncul di Sunday Times Rich List tahun 2006 , yang diperkirakan kekayaan pribadinya menjadi £ 14.000.000, membuatnya salah satu orang muda terkaya di Inggris. Pada bulan Maret 2009 ia menduduki peringkat nomor satu di Forbes daftar "Bintang Muda Paling Kaya", dan pada April The Daily Telegraph diukur kekayaan bersih di 30m £, membuatnya orang muda terkaya ke-12 di Inggris. Radcliffe dianggap sebagai remaja terkaya di Inggris akhir tahun itu. Pada bulan Februari 2010 ia dinobatkan sebagai bintang pria Hollywood keenam yg mendapat bayaran tertinggi, dan ditempatkan di nomor lima dalam daftar Desember Forbes Aktor Hollywood paling sukses dengan pendapatan sebesar US $ 780 juta, terutama disebabkan oleh Harry Potter dan Relikui Kematian yang dirilis tahun itu. Meskipun prediksi sebelumnya Radcliffe akan mengumpulkan £ 70m pada saat seri Harry Potter terakhir, aktor ini dilaporkan hanya memiliki kekayaan £ 28.500.000 pada tahun 2010. Ini masih membuatnya lebih kaya dari Pangeran William dan Harry. Meskipun kekayaannya, Radcliffe mengatakan dia tidak memiliki selera mahal dan bahwa biaya utamanya adalah membeli buku: "saya membaca banyak" Ia juga menyatakan bahwa uang tidak akan menjadi fokus hidupnya. Pada bulan Januari 2012, Radcliffe mengatakan dia menjalin hubungan dengan seorang asisten produksi , Rosie Coker.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved