Home » » Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Mengkudu

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Mengkudu

Tanaman Obat - Mengkudu




Mengkudu (Morinda citrifolia atau Bancudus latifolia) merupakan tanaman obat berbentuk pohon. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Dalam pengobatan, bagian tanaman yang digunakan adalah akar, daun, buah, kulit batang, dan bunga. Mengkudu terbukti mampu berfungsi sebagai penghilang hawa lembab pada tubuh, penambah kekuatan tulang, pembersih darah, peluruh kencing, peluruh haid, pelembut kulit, obat batuk, obat cacing, pencahar, dan antiseptik. Dari penelitian diketahui bahwa kulit akarnya mengandung morindin, morindon, aligarin-d-methylether, dan soranjidiol. Buahnya mengandung alkaloid triterpenoid, daunya mengandung protein, zat kapur, zat besi, karoten, dan askorbin. Bunganya mengandung glikosida antarkinon. Selain itu mengkudu juga mengandung minyak menguap asam capron dan asam caprylat.

Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll. 

Terpenoid, merupakan zay yang membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Zat anti bakteri, zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Scolopetin. 

Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi. Mengkudu juga mengandung zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal. Xeronine dan Proxeronine, salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
Share this article :

1 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved