Home » » Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Tapak Liman

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Tapak Liman

Tanaman Obat - Tapak Liman



Tapak Liman (Elephanthopus scaber) merupakan tanaman terna. Ketinggian tumbuhnya 10 - 80 cm. Batangnya kaku dan bercabang. Akarnya tunggang, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur. Tapak liman mempunyai bunga yang mahkotanya berwarna putih sampai ungu kemerahan. Sementara itu, buahnya berambut.

Dalam pengobatan, seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan. Namun, yang paling sering digunakan adalah daunya. Daun tapak liman digunakan sebagai obat batuk, obat sariawan, obat panas dalam, obat diare, obat bisul, obat eksim, obat keputihan, pelembut kulit kaki, obat untuk mengatasi gigitan binatang berbisa, dan obat pembengkakan. Dari penelitian diketahui bahwa tapak liman antara lain mengandung zat antiradang, antijamur, dan antipiretik (penurun panas).

Seluruh bagian tanaman ini terutama daun, akar, dan batang tanaman dapat digunakan sebagai obat tradisional. Salah satunya sebagai pemacu gairah seksual sehingga tanaman ini dikenal dengan sebutan Viagra Jawa. Tanaman ini mengandung senyawa stigmaterol yang membentuk hormon progesterone sehingga dapat sebagai pemacu gairah. Di samping sebagai pembangkit gairah, tanaman ini juga berkhasiat untuk melancarkan air seni, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan berbagai jenis radang (termasuk radang rahim alias keputihan), antianemia, pembersih darah, antikanker, mengatasi perut kembung, beri-beri, disentri, digigit ular, batuk seratus hari, hingga hepatitis (Ferdy, 2005).

Daun pada tumbuhan ini mengandung zat semacam glukosida. Ekstrak daun berkhasiat sebagai antibiotik terhadap Staphylococcus, dan pada daunnya juga telah ditemukan suatu zat pahit dan glikosid berupa kristal putih.Menurut farmakologi China, tapak liman yang mempunyai rasa pahit, pedas, dan menyejukkan ini berkhasiat sebagai penurun panas antibiotika, anti radang, peluruh air seni, menghilangkan pembengkakan serta menetralkan racun. Daun tapak liman mengandung epifrielinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-l-ol, dotriacontan-l-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin, dan isodeozyelephantopin, sedangkan di bagian bunganya terdapat kandungan luteolin-7-glucoside.  Senyawa deoxyelephantopin inilah yang merupakan senyawa antitumor, penghilang radang akibat bakteri, antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus, penyebab keputihan (Diah dan Enny, 2007).

Share this article :

28 komentar:

cengoo96 mengatakan...

cara mengolahnya bagaimana? mohon dijelaskan

Unknown mengatakan...

saya pernah menggunakany dg cara di rebus & air rebusannya yg di minum. sedagkan untuk obat luar bisa angsung di tumbuk & di oleskan.

putra: 081903212010

Obat Herbal Kanker Serviks mengatakan...

keren gan infonya,salam kenal !

Anonim mengatakan...

Bagai mn cara mndptkan daun tapak liman..
Di daerah kami tidak ada..?
Di sumatera selatan adakah.?

Nana mengatakan...

makasih informasinya sangat membantu tugas ku

tips mengatasi hepatitis mengatakan...

keren gan infonya,

mizwar mujahidin mengatakan...

oh jadi gitu ya caranya?
makasih atas infonya

Unknown mengatakan...

Mas tumbuhan tapak liman ada berapa macam

Unknown mengatakan...

Mas tumbuhan tapak liman ada berapa macam

Anonim mengatakan...

daun tersebut ada dua macam di dekat rumah saya dan saya mau tanya bagaimana cara melestarikan tumbuhan tersebut ?? makasih :)

andhytyas mengatakan...

aku baru tau kalo tanaman ni bermanfaat banget bagi kesehatan
pdahal di sekitar rumah bnyak banget
sering aku memotongnya :(
aku fikir hanya rumput biasa ternyata bnygh manfaatnya

adaa tanaman obat lagi ga yaa :*

purwanto mengatakan...

tumbuhan tapak liman juga bagus bgt buat semua penyakin dalam gan, ada pengalaman tetanggaku diagnosis dokter fungsi ginjal tinggal 5% kreatin sampai 30 badan sudah bengkak2 biru semua.akire orange dikasi tau orang suruh minum rebusan tapak liman skrg da hampir sembuh orange gan tp tu org ga pernah cuci darah gan ga tau dech klo d coba ke org yang da perna cuci darah.aq jg tau baru2 ni stlah bapakku meninggal kena sakit ginjal.coba aja spa tau manjur gan............

toko herbal asli mengatakan...

Makasih gan informasinya semakin manambah wawasan kita tentang manfaat tanaman herbal

Jual Xamthone mengatakan...

ini adalah blog yang simple namun memiliki manfaat yang banyak, blog ini juga berhasil membantuku dalam menyelesaikna pekerjaanku

RM mengatakan...

Bgs gan aku dh coba

Unknown mengatakan...

Ada dmn jual tapak liman ny?

Unknown mengatakan...

Ada dmn jual tapak liman ny?

radenmasben234 mengatakan...

daerahku banyak d pekalongan kec karang anyar kel legokalong

radenmasben234 mengatakan...

kalo anda mau yg sudah kering ak bs carikan.berapa banyak yg anda inginkan,atau anda datang kesini.

Diyono Susanto. mengatakan...

Ssya tahu sudah lama,hanya saja karena banyak sibuk dan waktu itu madih muda tidak pernah betpikir akan sakit. Sekarang saya mnciba belajar ttg ramusn daun obat.Supaya busa untuk srndiri dan teman yg butuh.Salam jenal.

Unknown mengatakan...

Saya sudah dapat manfaat nya buat sakit mata,, memang perih dan bisa juga buat mengurangi minus caranya ambil beberapa lembar daun tapak liman lalu di rendam di piring kecil diamkan beberapa saat klo mau digunakan tetes kan air nya dengan daun nya,,,,insaa allah sembuh

Unknown mengatakan...

Mau tanya, dimana ya mencari tanaman ini??

Anonim mengatakan...

Di persawahan daerah ku banyak gan,,

Unknown mengatakan...

Buat asam urat bs ga gan, caranya gmn

Unknown mengatakan...

Di daerah ladang atau di dekat pinggiran sungai, setau saya ada 2 jenis tapak liman( yg berbunga putih, dan yg berbunga nila), yg paling bagus itu yg berbunga nila....kalo dimedan bisa cari di daerah johor..taman candika.....didaerah sana ada danau buatan, dan di pinggiran ada tumbuh tapak liman

Unknown mengatakan...

buat asam urat bisa gak

Unknown mengatakan...

tapak liman dihalaman rumahku tumbuh lumayan bayak di kaliboyo banyuwangi bro

Riandy mengatakan...

Yg jelas ini obat kangker payudara wkwkwk....AllahuAkbar

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved