Home » » Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Alpukat

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Alpukat

Tanaman Obat - Alpukat


Alpukat
Alpukat (Persea americana atau Persea gratissima) merupakan tanaman obat berbentuk pohon. Dalam pengobatan, bagian tanaman yang digunakan adalah daging buah, daun, dan biji. Daunnya terbukti mampu meluruhkan kencing dan bijinya mampu menghilangkan rasa sakit dan radang. Dari penelitian diketahui bahwa buah dan daunnya mengandung saponin, alkaloid, dan flavonoid. Selain itu, daunya memiliki sifat antibakteri dan mengandung polifenol, quersetin, dan gula alkohol persiit. Sementara itu, buahnya juga mengandung tanin.

Daging buah alpukat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun alpukat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Lemak tersebut merupakan lemak sehat  sehingga tidak perlu khawatir  dengan mitos bahwa  alpukat menyebabkan tubuh gemuk. Justru asam lemak tak jenuh tersebut membantu metabolisme dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

Kandungan potasium dan kalori dalam alpukat tiga kali lebih banyak dibandingkan pisang. Alpukat juga mengandung mineral besi dan tembaga serta fosfor dan magnesium. Kandunngan sodium dan kadar gula yang rendah dan tanpa zat tepung menjadikan alpukat buah yang ideal bagi penderita diabetes. Alpukat merupakan salah satu buah dengan kandungan serat tertinggi dilengkapi dengan vitamin A, vitamin B Komplek, asam folat, antioksidan (vitamin C dan E), kalsium, besi, dan potassium.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved