Home » » Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Alang-alang

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Alang-alang

Tanaman Obat - Alang-alang


 


Alang-alang (Imperata cylindrica) merupakan tanaman rumput. Biasanya dianggap sebagai gulma dan perusak tanah. Ketinggian tumbuhnya mencapai 1 m. Daunnya berbentuk bilah meruncing. berbentuk pita, tegak, berujung runcing, tepi rata, berambut kasar dan jarang. Warna daun hijau, panjang 12-80 cm. Perbungaan berupa bulir majemuk dengan panjang tangkai bulir 6-30 cm. Bulir berwarna putih, agak menguncup, dan mudah diterbangkan oleh angin. Pada satu tangkai terdapat dua bulir bersusun, yang terletak diatas adalah bunga sempurna, sedang yang dibawah adalah bunga mandul. Pada pangkal bulir terdapat rambut halus yang panjang dan padat berwarna putih. 

Akar kaku berbuku-buku dan menjalar, akarnya mempunyai rimpang. Rasanya  manis, bersifat sejuk, masuk meridian paru-paru, lambung dan kandung kemih. Simplisia ini bersifat tonik, pereda demam (anti piretik), peluruh kencing (Diuretik), menyejukkan darah untuk menghentikan perdarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus. Tunas muda berkhasiat untuk peluruh kencing (Diuretik).

Dalam pengobatan, bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah akarnya. Akar alang-alang terbukti mampu digunakan sebagai penurun panas, peluruh kemih, penghenti pendarahan, obat mimisan, obat muntah darah, obat kencing nanah, obat hepatitis, obat radang ginjal. Dari penelitian diketahui bahwa alang-alang antara lain mengandung manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, polifenol.
Share this article :

2 komentar:

Susu Kambing mengatakan...

Nice artikel :)

Cba klo di tambahin cara pembuatan / peracikan tanaman alang ini pasti sangat memudahkan dan membantu :)

Thanks

Anonim mengatakan...

SITUS BOKEP TERBARU 2020



BOKEP CORONA / COVID19


BOKEP INDO


BOKEP JEPANG


BOKEP BARAT


BOKEP KOREA


PHOTO MODEL BUGIL ASIA



Menerima Request Bokep Semua Genre ^^
FB: DINDA MALENA SYARIF

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved