Home » » Pengelompokan Tumbuhan - Klasifikasi Tumbuhan

Pengelompokan Tumbuhan - Klasifikasi Tumbuhan

Klasifikasi Tumbuhan




Bryophyta (Lumut) 
Lumut merupakan tumbuhan yang tidak berpembuluh. Tubuh tumbuhan lumut berupa talus, tidak dibedakan antara bagian akar, batang, dan daunnya. Tumbuhan ini biasanya hidup di tempat lembab yang tidak terkena cahaya secara langsung. Lumut tidak memiliki bunga. Tumbuhan ini berkembang biak dengan spora. Spora lumut terletak di dalam kapsula. Contoh: lumut hati (Hepaticeae). 
Pteridophyta (Paku-pakuan)
Pteridophyta merupakan tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan ini sudah mempunyai akar, batang dan daun sejati (sebenarnya). Pteridophyta tidak memiliki bunga. Tumbuhan ini juga berkembang biak dengan spora. Spora dihasilkan oleh organ khusus yang terdapat di permukaan bawah daun. Contoh: paku ekor kuda dan paku kawat. 
Gymnospermae (Tumbuhan Biji Terbuka) 
Gymnospermae disebut juga tumbuhan biji telanjang karena bakal bijinya tidak dilindungi daun buah. Bakal biji tersusun dalam bentuk kerucut yang dinamakan strobilus jantan atau strobilus betina saja. Tumbuhan golongan Gymnospermae mempunyai sistem perakaran tunggang. Batang Gymnospermae berkayu dengan sistem pengangkutan berupa xilem dan floem. Tumbuhan ini mempunyai dau dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Contoh anggota Gymnospermae: Cycas revoluta, Ginkgo biloba, dan Gnetum gnemon (Melinjo). 
Angiospermae 
Angiospermae sudah memiliki organ yang berkembang sempurna sehingga dianggap sebagai golongan tumbuhan dengan tingkat perkembangan evolusi tinggi. Tumbuhan golongan ini ada yang mempunyai sistem perakaran tunggang dan ada yang serabut. Batang tumbuhan berbiji terbuka mempunyai sistem pengangkutan berupa xilem dan floem.
Angiospermae mamiliki daun dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Alat perkembangbiakan tumbuhan ini berupa bunga. Angiospermae mempunyai biji yang terlindungi oleh daun buah sehingga disebut tumbuhan berbiji tertutup. Berdasarkan keping bijinya, Angiospermae dibedakan menjadi dua golongan yaitu Dicotyledoneae (dikotil/biji keping dua) dan Monocotyledoneae (monokotil/biji keping satu). Contoh Angiospermae: anggrek, kembang merak, dan tanaman pisang.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved