Home » » Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Pegagan

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Pegagan

Tanaman Obat - Pegagan

 
Pegagan (Centella asiatica) merupakan tanaman merayap dan tidak berbatang. Tanaman ini mampu hidup subur di daerah berketinggian 1 - 2.500 m dpl. Ketinggian tumbuhnya antara 10 - 15 cm. Daunnya merupakan daun satu helaian berbentuk kipas dengan diameter 1 - 7 cm. Warnanya hijau, daun tumuh di atas tangkai yang panjangnya antara 5 - 15 cm. Bunga pegagan berbentuk bundar lonjong dengan ukuran sangat kecil. Sementara itu, buahnya berbentuk lonjong dengan ukuran yang kecil juga. Pegagan memiliki rasa manis dan sejuk.

Dalam pengobatan, seluruh bagian pegagan bisa dimanfaatkan. Pegagan biasa digunakan sebagai obat demam, obat penurun panas dalam, penambah nafsu makan, obat peluruh air seni, obat hepatitis. Dari penelitian diketahui bahwa pegagan antara lain mengandung zat antiradang, antiinfeksi, antiracun, antilepra, dan antifilis.

Pegagan memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Pegagan memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid). Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved